Pengenalan Istilah Dalam VBA

Oleh: solusiaccess


Sebelum kita memulai mengenal bahasa visual basic application, terlebih dahulu marilah kita pahami hal - hal berikut ini :

Modules
Modules adalah salah satu objek dari Microsoft Access sama seperti halnya dengan objek Table, Query, Form, Report dan kawan - kawannya. Modules digunakan untuk menuliskan script/syntax/bahasa pemrograman dalam mengelola database dan otomatisasi lainnya. Modules sendiri terbagi 2 jenis yaitu Standard Modules dan Class Modules. Standard Modules adalah modules yang berdiri sendiri dan tidak berhubungan dengan objek lainnya. Sedangkan Class Modules adalah modules yang berhubungan dengan objek lainnya seperti dalam pembuatan suatu fungsi yang didefinisikan.

Procedure.
Dalam modules terdiri dari serangkaian pemrograman, yang disebut Procedure. Procedure ini terbagi menjadi 2 yaitu Sub Procedure dan Function Procedure. Sub Procedure sendiri adalah procedure yang dibuat untuk menjalankan suatu kegiatan tanpa menghasilkan suatu nilai. Sedangkan Function Procedure pasti mengembalikan suatu nilai dari serangkaian pemrograman.

Dalam membuat suatu prosedur, selalu dimulai dengan membuat Statement Awal sebagai Deklarasi dari suatu pemrograman. Deklarasi yang umum dibuat adalah Dim, Private, Public, Static dan Option Explicit.
1.Dim (Dimension) adalah deklarasi awal untuk sebuah variabel yang kita buat. Dengan menggunakan Dim maka kita sekaligus sedang menentukan jenis dari variabel yang kita buat.
2.Private adalah suatu deklarasi yang menyatakan bahwa serangkaian program didalamnya hanya digunakan pada suatu objek tertentu saja.
3.Sedangkan Public adalah kebalikan dari Private, yaitu serangkaian program tersebut dapat digunakan lintas object.
4.Static adalah deklarasi yang digunakan untuk menahan nilai sampai prosedur tersebut ditutup.
5.Option Explicit digunakan untuk mewajibkan programer untuk selalu mendeklarasikan variabel diawal sehingga pemrograman lebih mudah ditelusuri.


Oleh : Lusky Kurniawan
Tangerang, 8 Juli 2020 Pk. 14.25 WIB

Rekans... silahkan beri masukan dan komentar di bawah ini ya. Masukan dan komentar anda selalu penting buat kita semua. Thank you!

0 comments:

Posting Komentar