Case #001 - File Access Terkunci / Korup

Oleh: Haer Talib

Salam hormat para master access dan rekan-rekan setia pengguna access.
Mohon pencerahannya ya, kalau ada diantara Anda ada yang mengalami seperti yang saya alami.
Masalahnya begini, saya punya program aplikasi database acc 2010 yang tabelnya saya link-an dengan database sqlserver (Bukan versi ADP), untuk beberapa bulan lamanya tidak ada permasalahan. nah, baru-baru ini, file aplikasi tersebut sering terlihat seperti gambar yang saya lampirkan "Capture.PNG".
Kalau sudah begitu, maka Tabel/Query/Form/Report dalam file aplikasi tersebut semuanya tidak ada. padahal sudah saya aktifkan opsi "Compact on close nya" biar kalau aplikasi tersebut melakukan compacting kalau aplikasi ditutup.
Dan juga, aplikasi untuk membetulkan file access yang korup untuk acc 2010 saya tidak mendapatkan, sebagaimana access 2003 yang JET CU nya bisa kita download.
Atas saran dan pencerahannya saya sampaikan beribu terima kasih.

Salam
Syamsul
Via belajar-access@ggoglegroups.com

Gambar yang dilampirkan kurang jelas ya?


NOTE:
Ini pertanyaan sudah lama, tapi cukup menarik karena mungkin saja terjadi pada kita.
Mudah2an ada yang bisa memberi pencerahan.

Rekans... silahkan beri masukan dan komentar di bawah ini ya. Masukan dan komentar anda selalu penting buat kita semua. Thank you!

2 komentar:

  1. kalau dari saya, saran solusinya:
    1. Lakukan repair (compact n repair, bukan hanya compact on close). Jangan lupa backup dulu aslinya agar kalau repair malah merusak, anda masih punya aslinya.
    2. Create file database baru, lalu import object dari file yang bermasalah.


    Good luck!

    BalasHapus
  2. Yg dikhawatirkan dalam database ms access adalah hal spt ini, data corrupt, rusak, hilang dan aplikasi menjadi failure. Sy turut prihatin atas hal tsb, smg bs ketemu solusinya.

    sebagai tambahan, bahwa ada tools data recovery dan sejenisnya yg mgkn bs di download. Dan kedepannya perlu menyiasati agar data bisa terbackup dalam rentan waktu yg minimal agar kejadian ini tdk menjadi kekhawatiran.

    BalasHapus