Mengenal MS. Access (by LK)

Oleh: solusiaccess
Program apakah Microsoft Access itu? Microsoft Access merupakan anggota keluarga dari Microsoft Office sama dengan saudara – saudaranya seperti Word, Excel dan Power Point. Ia menjadi bagian yang tak terpisahkan dan memiliki peranan yang berbeda pula. Ia laksana harta terpendam yang selama ini terabaikan dan jarang digunakan. Dan ia pun laksana “tambang emas” bagi mereka – mereka yang peduli dan menggunakannya.
Microsoft Access merupakan salah satu program pengolah data (database) yang termasuk ke dalam jenis Relational Data Base and Management System (RDBMS). Adapun ciri – ciri RDBMS yaitu sebagai berikut :
1. Data Definition (DD)
Disebut sebagai Data Definition karena setiap data (table yang akan dibuat) harus di definisikan dahulu jenis tipe datanya. Sehingga table yang terbentuk menjadi data yang benar sesuai konsep database. Contohnya : Tabel Master.
2. Data Manipulation (DM)
Data Manipulation berarti bahwa setiap data yang ada dapat dimanipulasikan seperti seleksi kolom, objek, function dan sebagainya. Contohnya : Query Data.
3. Data Control (DC)
Sebagai Data Control berarti bahwa setiap data yang ada dapat dikontrol sehingga data tersebut tetap aman (terkendali). Contoh : Form, Tombol Command Button, Hak Akses dan lain sebagainya.
Microsoft Access merupakan program database yang didalamnya sudah tersedia object-object database secara lengkap, diantaranya:
Table, gigunakan untuk menyimpan data. Table ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu table yang disimpan secara langsung didalam file Access tersebut dan table link, dimana table link ini mengambil data dari sumber eksternal, seperti dari Microsoft Jet, SQL Server, Oracle, MySQL dan provider-provider database lainnya.
Query, digunakan untuk memanipulasi data dan table menggunakan kode atau bahasa SQL.Dengan menggunakan query, kita dapat menggabungkan beberapa table menjadi satu table. Keunggulan query didalam Access adalah ia dapat menampilkan penggunaan dan pembuatan kode SQL ini secara visual, sehingga bagi Anda yang belum memahami kode SQL pun akan mudah membuat query ini. Didalam query dapat pula dibuat rumus dan criteria.
Form, digunakan untuk aplikasi tatap muka dengan user (pengguna program kita). Form umumnya digunakan untuk menampilkan, menginput dan mengedit data.
Report, digunakan untuk menampilkan laporan data yang sudah diinput baik melalui form maupun table, dengan tampilan yang sesuai dengan keinginan kita agar dapat dicetak melalui printer. Report juga dapat diexport kedalam format file lain, seperti Microsoft Excel, Microsoft Word, dan lain-lain serta dapat langsung dikirimkan melalui email.
Pages, digunakan untuk menampilkan data kedalam format html atau homepage, sehingga dapat dilihat diwebsite, baik secara intranet maupun internet.
Macro, digunakan untuk membuat procedure yang sudah tersedia didalamnya, sehingga Anda tidak perlu membuat kode-kode secara utuh. Macro yang sudah dibuat dapat juga di convert kedalam VBA (Visual Basic for Application).
Module, digunakan untuk membuat procedure menggunakan bahasa Visual Basic.

Oleh : Lusky Kurniawan
Tangerang, 7 Juli 2020 Pk. 14.39 WIB

Rekans... silahkan beri masukan dan komentar di bawah ini ya. Masukan dan komentar anda selalu penting buat kita semua. Thank you!

0 comments:

Posting Komentar